PERANGKAT KERAS KOMPUTER DAN PERKEMBANGANYA



PERANGKAT KERAS KOMPUTER DAN PERKEMBAGANYA
Komputer merupakan serangkaian peralatan elektronika yang terpadu dan bekerja sama dengan koordinasi oleh suatu sistem operasi, computer sendiri terbagi menjadi dua kelompok perangkat, perangkat keras dan perangkat lunak.
1.      Hardware (Perangkat Keras)
Merupakan seperangkat alat alat elektronika yang berupa mesin/komponen yang secara lahiriah ada dan dapat dilihat atau dipegang oleh Indra. Hardware terdiri dari 4 kelompok yaitu : Input Unit ,Processor ,Penyimpanan Data,  Output Unit
Struktur Perangkat Keras Komputer


Hasil gambar untuk STRUKTUR PERANGKAT KERAS KOMPUTER 

 
A.    Input Unit (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yag berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Alat yang digunakan untuk memasukan input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input maupun maintenance input. Didalam komuter signal input bisa berupa data (diketikan) yang dimasukan dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program (diklik) ynag digunakan untuk mengolah data yang dimasukan. Dengan demikian alat input selain digunakan untuk memasukan data juga untuk memasukan program. Contoh yang termasuk sebagai input unit dalam komputer :
Alat Input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (mouse, thouchscreen, lightpen, digitizer graphics tablet,) scanner (misalnya magnetic ink character recognition reader, optical data reader, atau optical character recognition reader), sensor (digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone),
Alat Input Tidak Langsung dapat berupa keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key to tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key to disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau hardisk) sebelum diproses lebih lanjut.

B.     Ouput Unit (Alat Keluaran)
Adalah seperangkat alat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Output unit dapat berupa hard copy (kertas), soft copy (monitor) USB, diket ataupun berupa suara.

C.     Proessing Unit
Adalah unit yang terdiri dari komponen eektronika terkoordinasi secara sistematis mengolah perintah dari input mejadi ouput. Yang terdiri dari Processor, Mainboard (Motherboard), Memori, Video Graphic Acceleator, dalam Processor memiliki 3 fungsi utama yaitu pertama sebagai Control Unit (CU), Aritmatika Logikal Unit (ALU), Register.
1.      Control Unit (CU)
Memiliki tugas utama yaitu mengatur dan mengendalikan inpu dan ouput unit, mengambil instruksi-instruksi dari memori utama, mengambil data dari memori utama kalau diperlukan oleh proses , mengirim isntruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja. Menyimpan hasil proses ke memori utama.
2.      Arritmatika Logikal Unit (ALU)
Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matmatika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut Adder.
3.      Register
Merupkan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, digunakan untuk menimpan data atau instruksi yang sedang diproses sementara data dan instruksi lainnya masih menunggugiliran untuk diproses masih disimpan didalam memori utama, secara analogi register ini dapat diibaratkan  sebagai ingatan di otak, bila melakukan pengolahan data secara maual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika. 



Perkembangan perangkat keras komputer 




 

                    



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PARROT OS

INSTALLASI WINDOWS 10

SEJARAH PERKEMBANGAN WINDOWS MULAI 1.0 HINGGA WINDOWS 10